Pengalaman Tes Axa Mandiri Financial Advisor


         Jadi disini gue mau cerita pengalaman gue tes di AXA Mandiri dan NYARIS ikut Training. Awalnya gue daftar tuh lewat jobfair di Smesco Jakarta sekitar tanggal 7 April 2018, nah tgl 10 April gue dapet sms dari AXA Mandiri kalo suruh dateng interview tanggal 12 April di AXA Tower lantai 8. H-1 gue udah nyiapin tuh buat interview mulai dari dresscode make blazer dll sampe baca baca tentang AXA Mandiri, pas hari H gue awalnya ragu berangkat karena baca review di kaskus. Tapi akhirnya gue berangkat karena pengen nyoba ikut soalnya lumayan kan kalo bisa ikut training bisa nambah ilmu, temen juga. Sampai di AXTow lantai 8 ternyata banyak banget yang mau tes sekitar 60an apa ya.
          Pas dateng kita ngumpulin berkas lamaran sama kita ngisi form data diri Financial Advisor. Nunggu sejam lebih buat dipanggil, awalnya aku ngira bakal interview dulu baru psikotes ternyata kita psikotes dulu. Satu ruangan sekitar 9-10 orang. Psikotesnya waktu itu tentang nyocokin bangun (kek tes BPJS Ketenagakerjaan yang thn ini juga) trus matematika itung-itungan sama kepribadian. Selasai psikotes ada beberapa nama yang dipanggil buat langsung interview (awalnya gue ga tau kenapa ada yang langsung interview, tapi kata yang lain gara gara domisili mereka daerah Bogor atau mana ya lupa gue), yang lain suruh nunggu sampe jam 2 buat pengumuman. Gue tinggal solat dulu, ada juga yang pergi keluar makan. Pas udah jam 2 ternyata pengumumannya molor sampe jam 3an. Pertama beberapa nama cewe dipanggil buat masuk ke ruangan, setelah itu beberapa nama cowo dipanggil juga buat ke masuk ke ruangan lain. Belum ada 5 menit mereka keluar lagi (katanya mereka ga lolos, trus tim recruitmentnya bilang makasi). Trus abis gitu nama gue dipanggil sama 8 orang yg lain, gue sama yang lain disuruh langsung balik karena kita langsung interview user dan user yang mau interview kita ga ada, dan nanti minggu depan kita bakal dihubungi buat interview. Yaudah gue balik tuh. Sepajang perjalanan gue masih bingung kok kita ga ada interview hr sedangkan yang lain pada nunggu interview hr sampe sore.
          Awalnya gue kira ini penolakan secara halus dan ga bakal dihubungi wkwkwk. Dan ternyata tanggal 17 April gue dpt sms tuh dari AXA Mandiri dan gue makin bingung karena bukan undangan interview tapi undangan MCU (Medical Check Up). Yaudah lah ya gue konfirmasi hadir, gue udah puasa 10 jam tuh. Oh iya MCU nya di AXTow, gue dateng tuh jadwalnya jam 10. Pas gue dateng ternyata banyak sekitar 40-50an lah ya. Gue nanya nanya sama sebelah gue ternyata mereka ada yang psikotes tanggal 13 April dan rata-rata pada udah interview hr sama user, nah gue jadi bingung wkwk. MCU waktu itu dari lab CITO ada fisik, darah, urin, tensi, tinggi, berat badan, mata sama rontgen juga. Udah ngantri dan ga lama waktu itu MCUnya Cuma sampe jam 11 apa ya gue. Trus udah MCU gue balik. Udah nyante gue nunggu hasil MCU. Dan besoknya gue bangun siang jam 9 karena badan agak ga enak, gue tinggal buat mandi nyuci sejaman. JEEEENG JEEENGGGG ada sms masuk dari AXA Mandiri dan isi smsnya buat interview tahap akhir jam 2 siang hari itu juga. Gue panik seketika karena gue belom siap-siap. Gue udah dandan langsung ga mikir panjang langsung naik gojek nyuruh abangnya ngebut. Sampe stasiun gue belom buka hp karena gue harus nyampe sana cepet buat ngerapihin penampilan gue lagi, pas udah ngetap kartu krl gue baru buka hp sambil jalan cepet. DAAANNN TARAAAA direschedule dong!!!!! Agak kesel tapi tetep sabar. Gue akhirnya balik lagi. Gue mikir pasti di sms besok dan interview juga besok juga. Besoknya ternyata dugaan gue bener, kali ini sms masuk sejam lebih cepet wkwk, gue siap siap dan berangkat. Disana udah ada beberapa anak juga yang mau psikotes dan interview. Waktu itu gue dipanggil berdua, kata kenalan gue kalo ga salah usernya itu ASM daerah sudirman. Waktu itu pas user ditanyanya tentang perusahaan sama jobdesc, selebihnya malah usernya yg cerita. Beres user, gue nunggu bentar. Kemudian dipanggil sama mbak recruitmentnya dan dia bilang “jadi buat kalian bedua, usernya bilang udah oke. Karena kalian udah MCU jadi tinggal nunggu hasil MCU sama AAJI, nanti kalo hasilnya oke kalian siap siap training tanggal 3 Mei” nanti mungkin hasil keluar senin. Gue udah tenang lah itu.
          Minggu depannya gue dpt email “Selamat bergabung CFA Batch 1**”. Diemail dijelasin surug mempersiapkan Basic Training, trus tgl dan tempat trainingnya. Ada modul juga, trus dresscode sama dokumen yang harus dilengkapi pas training. Karena gue bukan orang jabodetabek asli maka gue lebih susah kan kalo bikin rekening baru sama **** karena harus make surat domisili. Tapi ya gue berusaha, gue buka tuh rekening Bank konven sama Syariahnya, setoran awal yg konven juga ga dikit cuy!!! Ya gue harus minjem duit ortu gue dong buat buka tuh rekening. Pas bikin **** juga ga mudah cuy awalnya, awalnya gue ditolak karena ga punya penghasilan. Beres tuh gue beli pentofel minimal hak 5 cm (gue beli yang semurah mungkin, karena gue ga mau ngabisin duit ortu gue), gue juga beli make up make upan. Gue juga udah nyiapin foto full body sama yang miring gitu. Udah gue rapihin dokumen sama copyannya. Tinggal gue ngerjain tugas awalnya ngerangkum materi sama ngerjain evaluasinya, maklum gue lama ga nulis tangan udah kaku dan keriting nulis berlembar-lembar di folio. Oh iya tanggal 2 Mei kemaren gue ikutan PBT (Pre Basic Training) karena sifatnya wajib, mungkin ini buat yg jabodetabek doang yak. PBT ga lama kok, jam set 2 gue udah balik. Gue ketiduran di kereta, pas bangun ada email yang SANGAT SANGAT SANGAT MENGECEWAKAN!!!!!!!!. Di email itu intinya gue ga bisa lanjut training karena hasil pertimbangan usernya kurang sesuai. LAAAAHH KEMANA AJA CUUUUY KEMAREN!!!!, kenapa baru dikasih tau H-1 Training ketika sebelumnya dia ngasih tau buat nyiapin training, ya gue gapapa sebenernya ga ikutan training tapi yang sangat sangat gue kecewain. Kenapa yang katanya terbaik di Indonesia, proses recruitmentnya kurang profesional, dan itu prosesnya berlangsung juga dipusatnya loh. Mulai dari awal gue udah sabar karena serba mendadak dan ini yang gue udah ngeluarin duit banyak tiba tiba ga jadi. WKWKWKWK.
          Paginya gue nge wa tim recruitmennya, gue nanya tuh kenapa dan apa yang jadi pertimbangan user. Dibales cepet tuh sama si mbak, katanya kurang sesuai. Gue nanya lagi kurang sesuainya gimana mbak, karena domisili atau apa. Trus gue bilang kalo kemaren pas abis interview user katanya usernya udah oke tuh. Eh kata si mbaknya usernya beda lagi. WKWKWK udah ga gue lanjutin. Jangan karena saya jobseeker bisa dengan seenaknya ngasih kabar tersurat pasti tapi ternyata itu ga pasti wkwkwk. Yah meskipun pas training ada sistem gugurnya, tapi jangan ngegugurin orang ngedadak juga. Dear mbaknya kali aja mbaknya iseng-iseng baca, tolong diperbaikin lagi sistem recruitmentnya, agar tidak ada yangseperti saya udah keluar uang banyak tapi diphpin. Tks

Komentar

  1. 3-Card Poker: What it Means and How to Play It
    In the traditional game of poker, all players have a choice of numbers. Each player adds a card into the dealer's hands and 바카라 사이트 casinopan deals one card

    BalasHapus

Posting Komentar